Minggu, 02 Agustus 2009

Faktor Persebaran Makhluk Hidup di Dunia

Abiotik
  1. Klimatik (Iklim) : Faktor Iklim dapat dikatakan sangat berpengaruh terhadap persebaran makhluk hidupdimuka bumi. Dan didukung oleh beberapa faktor. Yaitu, kelembapan udara, suhu, curah hujan dan angin. Yang paling berpengaruh adalah intensitas cahaya. Semakin banyak intensitas cahaya dalam suatu lingkungan, maka pesebaran organisme pun akan lebih padat.. Sedangkan Kondisi suhu udara sangat berpengaruh terhadap tumbuh-tumbuhan dan hewan, karena jenis spesies tertentu memiliki persyaratan suhu lingkungan yang ideal atau suhu optimum bagi kehidupannya. Kelembaban berpengaruh langsung terhadap kehidupan tumbuhan.
  2. Relief (Bentuk Permukaan Bumi) : Bentuk bumi yang tidak rata juga menyebabkan pesebaran makhluk hidup. Bentuk bumi yang berbeda – beda menyebabkan suatu daerah dengan daerah yang lain memiliki intensitas cahaya yang berbeda – beda. Jika suatu daerha lebih banyak mendapat penyinaran matahari makan daerah itu padat akan vegeatasi. Selain itu juga didukung dengan keadaan tanah, air dan suhu.
  3. Kondisi Tanah : Hal ini paling berpengaruh bagi tumbuhan. Karena, jika suatu wilayah mempunyai kondisi tanah yang baik maka tumbuhan pun dapat dengan mudah tumbuh disana. Baik atau tidaknya kondisi tanah dipengaruhi oleh butiran tanah, mineral, humus, sirkulasi udara dan air tanah.
Biotik
  1. Makhluk Hidup : Selain adanya faktor biotik yang mempengaruhi persebaran makhluk hidup di muka bumi, makhluk hidup itu sendiri juga mempengaruhi persebaran makhluk hidup. Karena satu individu dapat mempengaruhi keberadaan individu lainnya. Ada yang berpengaruh baik satu sama lain. Namun, pengaruh aktifitas manusialah yang paling berdampak besar bagi persebaran makhluk hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar